Galeri Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia

STUDENT DESK UNIVERSITAS AL AZHAR INDONESIA UNTUK SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

posterAlvinKaryaabstrak

Karya                  :             Alvin Hendrian Noviandri

Tahun Lulus      :             2012

Pembimbing      :             Ir. Endang Ripmiatin, MT

Dr. Ade Jamal

Berkembangnya teknologi handset seperti telepon selular (smartphone) saat ini begitu pesat. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat tersebut dalam melakukan berbagai hal. Fungsi smartphone saat ini tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi, tapi bisa untuk web browse, game dan lain-lain. Melihat perkembangan operating sistem yang sangat cepat untuk mendukung performa telepon khususnya android sangat menjanjikan baik dalam bisnis, pendidikan dan lain-lain.

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler (smartphone) yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Perkembangan smartphone berbasis android sangat menakjubkan, terbukti saat ini hampir semua vendor smartphone menggunakan platform android.

Perkembangan tersebut mengakibatkan meningkatnya aplikasi-aplikasi mobile berbasis android. Kebutuhan akan aplikasi berbasis mobile android dimasa sekarang dan yang akan datang meningkat pesat. Android dikenal juga sebagai complete platform yang artinya para desiner dapat melakukan pendekatan yang komprehensif ketika sedang mengembangkan platform android. Selain itu android merupakan sistem operasi yang aman dan menyediakan banyak tools dalam membangun software.

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) adalah salah satu lembaga perguruan tinggi modern di Jakarta yang mempunyai sistem student desk berbasis web. Di mana sistem itu dibuat untuk membantu mahasiswa untuk melihat informasi tentang perkuliahan. Hal ini tentu saja membuat mahasiswa harus berada di depan komputer atau laptop untuk mengakses sistem student desk UAI. Muncul suatu pertanyaan “bagaimana jika mahasiswa tidak berada di depan komputer atau laptop?” dan “ bagaimana bila mahasiswa sedang berpergian dan tidak memungkinkan membawa laptop?” dengan alasan demikian penulis ingin membuat suatu aplikasi student desk berbasis android yang dapat memanfaatkan smartphone.

Penerapan aplikasi student desk berbasis android diharapkan dapat membantu masalah-masalah diatas dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sistem ini akan membantu kelancaran dan kemudahan bagi mahasiswa itu sendiri. Bukan hal yang mudah untuk mengembangkan aplikasi ini dikarenakan perbedaan antar muka antara student desk berbasis web menggunakan komputer dengan smartphone. Perbedaan yang terjadi adalah dimensi yang berbeda karena smartphone memiliki layar yang sangat terbatas. Ditambah dengan berbedanya sudut pandang setiap mahasiswa membuat tampilan aplikasi student desk menjadi masalah pertama pada pengembangan sistem aplikasi student desk bebasis android ini.

Adapun tujuan dan manfaat yang dilakukan oleh penulis dapat diuraikan sebagai berikut :

Tujuan

  1. Menganalisa interaksi antar muka aplikasi student desk berbasis android
  2. Mengimplemetasikan rancangan sistem untuk aplikasi student desk
  3. Membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan penulis lebih baik daripada kinerja sistem yang ada karena tidak dirancang untuk smartphone

Manfaat

  1. Mempermudah user menggunakan aplikasi ini kedepan.
  2. Mampu mengatasi permasalahan yang terjadi apabila user tidak memungkinkan menggunakan komputer dan laptop.

Dapat membantu pengembangan sistem aplikasi student desk Universita Al azhar Indonesia.

Tinggalkan komentar

Information

This entry was posted on 26 Juni 2015 by in Lulusan Tahun 2012.

Ikuti saya di Twitter